Visi dan Misi

VISI KECAMATAN CILODONG

Dengan memperhatikan tugas pokok dan fungsi yang dimiliki, kondisi dan proyeksi yang diinginkan ke depan, isu-isu strategi  yang ada, serta visi misi Kota Depok yaitu Depok sebagai Kota yang Maju dan Sejahtera, maka visi Kecamatan Cilodong adalah, “Profesionalitas Pelayanan Melalui Pengembangan Kemitraan Menuju Cilodong Sejahtera”

Profesionalitas Pelayanan dimaksudkan sebagai pemberian pelayanan berkualitas, yaitu pelayanan yang memenuhi Standar Pelayan Minimum (SPM), mudah, cepat dan berkeadilan (berpihak kepada kepentingan kelompok-kelompok miskin dan marginal).

Kemitraan (partnership) dimaksud sebagai spirit untuk mengembangkan kebersamaan antara warga masyarakat (termasuk pihak swasta) dengan pemerintah maupun antara masyarakat itu sendiri. Dengan cara ini beban dan hasil pembangunan dapat dirasakan bersama-sama dan berbagai keterbatasan yang ada (di Kecamatan maupun di masyarakat) dapat diatas.

Cilodong Sejahtera dimaksudkan sebagai gambaran masyarakat yang diwujudkan, yaitu masyarakat yang terpenuhi kebutuhan fisik dan non fisiknya, baik individu, anggota masyarakat maupun warga negara.

 

MISI KECAMATAN CILODONG

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka Misi Kecamatan Cilodong adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur Kecamatan dan Kelurahan serta mengembangkan iklim yang kondusif bagi peningkatan profesionalitas pelayanan.
  2. Menciptakan iklim yang kondusif bagi terbangunnya hubungan kemitraan dengan multi-stakeholder pembangunan yang ada di wilayah Kecamatan Cilodong.

 

TUJUAN DAN SASARAN KECAMATAN CILODONG

MISI PERTAMA

“Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur Kecamatan dan Kelurahan serta mengembangkan iklim yang kondusif bagi peningkatan profesionalitas pelayanan.”

Tujuan:

  1. Terpenuhinya kebutuhan akan SDM Aparatur yang kapabel, responsif dan kreatif serta inovatif di setiap unit kerja.

Sasaran :

  • Terlatihnya Apartur sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan, yaitu mencakup kemampuan dalam bidang perencanaan pembangunan, penyusunan Anggaran kerja, pengoperasian komputer dan intenet, maupun pemahaman terhadap perda terkait (retribusi IMB, HO dan IPR, dll)
  • Meningkatkan kemampuan aparatur dalam melakukan koordinasi pelaksanaan kebijakan Kepala Daerah, melakukan inovasi, pendektesian dini dan langkah-langkah antisipatif, serta kemampuan memandu dan mendorong kearah solusi dan kebijakan yang baik.
  • Peningkatan kedisiplin aparatur.
  • Peningkatan produktifitas kerja, jam kerja dan pelayanan masyarakat.
  • Peningkatan kretaifitas dan inovasi dalam penyelesaian permasalahan.

 

B.    Meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dibidang pemerintahan, pembangunan dan kemsyarakatan.

Sasaran:

  • Terpenuhinya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kependudukan, pertahanan, pembinaan Kelurahan, pembinaan lembaga kemasyarakatan (RT, RW, PKK, Karang Taruna, LPM dsb) serta pemeliharaan sarana prasarana fasilitas umum.
  • Terpenuhinya SPM dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan.
  • Terlaksananya kegiatan pelayanan yang menanggapi dan menghadapi, mencari sumber serta mengetahui cara-cara mengatasi keluhan.

 

MISI KEDUA

“Menciptakan iklim yang kondusif bagi terbangunnya hubungan kemitraan dengan multi-stakeholder pembangunan yang ada di wilayah Kecamatan Cilodong.”

Tujuan :

Tergalangnya seluruh sumber daya Pemerintah, sumber daya pembangunan, serta sumber daya kemasyarakatan untuk melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan.

Sasaran :

  • Terbangunnya kerjasama antara Pemerintah dan masyarakat serta sektor swasta dalam penyelesaian masalah persampahan dan menjaga keamanan wilayah, serta dalam peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) terutama dalam meningkatkan pendidikan, kesehatan, perekonomian, pengalaman agama, pemeliharaan sumber daya lingkungan hidup, dan pengembangan seni budaya masyarakat.
  • Meningkatkan kepercayaan masyarakat (trust) kepada Pemerintah Kecamatan maupun kepercayaan antar masyarakat.
  • Berkembangnya modal sosial masyarakat lainnya seperti kesetiakawanan sosial, gotong-royong, toleransi dll)