SEKOLAH SEHAT TINGKAT KECAMATAN CILODONG 2016

Senin,25-07-2016

20160725_100346

Dalam mengadakan pembina UKS dengan program “SEKOLAH SEHAT” dihadiri oleh Bapak Ir. Khamid Wijaya selaku camat Cilodong, dengan membahas Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS).  Kecamatan Cilodong menerapkan Program memilah sampah dengan membedakan sampah Organik dan Non Organik untuk mengurai pencemaran lingkungan yang ada dikecamatan cilodong .

20160725_103257

Berhubung dengan membahas tentang pembina UKS “SEKOLAH SEHAT” .

Apa itu Sekolah Sehat ? Sekolah Sehat adalah sekolah yang bersih hijau,indah dan rindang, Perserta didiknya sehat dan bugar serta senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat namun ada permasalahan mendasar dalam pembina dan pengembangan UKS yaitu, Perilaku hidup bersih dan sehat dalam mencapai tingkat yang diharapkan, Adanya berbagai masalah kesehatan anak usia sekolah,Masalah sumber daya manusia, dll .

Ada 3 Program Pokok UKS yaitu: Melaksanankan Pendidikan Kesehatan, Menyelengarakan pelayanan kesehatan, dan Menciptakan lingkungan hidup di Sekolah dan madrasah yang sehat. Pembinanan lingkungan sekolah sehat, baik fisik, mental, sosial maupun lingkungan terdiri dari pelaksaan 7K (Kebersihan, Keindahan, Keyamanan, Ketertiban,Keamanan, Kerapihan, Kekeluargaan). Pembinaan kerjasama antar masyarakat sekolah yaitu : guru, murid, pegawai sekolah, orang tua murid dan masyarakat sekitar .

20160725_105241

 PHBS (Perilaku Hidup Bersih & Sehat)

Pengertian PHBS disekolah adalah upaya untuk memperdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau, dan mampu mepraktikkan  PHBS dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat. (Depkes RI, 2007).

Tujuan PHBS di Sekolah adalah untuk Meningkatkan pengetahuan tentang PHBS bagi setiap siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah, Meningkatkan peran serta aktif setiap siswa , guru, dan masyarakat lingkungan sekolah untuk ber-PHBS di sekolah, Memandirikan setiap siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah ber-PHBS. Manfaat bagi siswa yaitu Meningkatkan kesehatan dan tidak mudah sakit, Meningkatkan semangat belajar, Meningkatkan semangat belajar, Meningkatkan produktivitas belajar, Menurunkan angka absensi karena sakit. Manfaat bagi sekolah yaitu Adanya bimbingan teknis pelaksanaan pembinaan PHBS di sekolah, Adanya dukungan buku pedoman dan media promosi PHBS di sekolah.

Twitter Digg Delicious Stumbleupon Technorati Facebook Email